Kapolres Pekalongan Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Perayaan Idul Adha

 

Tribratanews.com – Kapolres Pekalongan Kota Polda Jawa Tengah AKBP Enriko Sugiharto Silalahi memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Hari Raya Idul Adha.

Sebanyak 456 personel Polres Pekalongan Kota akan diterjunkan dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Adha dan pengamanan arus lalu lintas selama libur panjang Hari Raya Idul Adha.

Perincian personel tersebut, yakni sebanyak 266 anggota disiagakan guna pengamanan arus lalu lintas dan 190 anggota guna pengamanan Sholat Ied.

Penegasan tersebut disampaikan Kapolres Pekalongan Kota di sela-sela kegiatan press release hasil Operasi Pekat Polres Pekalongan Kota.
“Pelibatan personel tersebut terbagi dalam tujuh satgas dan 14 Pos pam dan gaktur untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota. Kami juga akan berkoordinasi dengan Polres tetangga yaitu Polres Batang untuk penggunaan jalur alternatif apabila nantinya dirasa perlu digunakan, mengingat Kota Pekalongan mempunyai dua titik rawan kemacetan di jalur utama yaitu di perlintasan Kereta Api jalan KHM Mansyur dan jalan Dr Wahidin,” ujar Kapolres.
Kapolres menambahkan, pengamanan libur panjang akan berlangsung mulai hari Rabu (30/8) hingga Senin (4/9) akan menjadi prioritas agar tidak terjadi kemacetan. Pihaknya juga menempatkan Pos-Pos di sejumlah persimpangan yang ada di Jalur Pantura.
“Jika terjadi antrian kendaraan di perlintasan Kereta Api KHM Mansyur maka kami akan alihkan arus kendaraan menuju jalur dalam kota, dan apabila kedua jalur tersebut sudah padat kendaraan maka kami akan gunakan jalur alternatif melalui Jalan Seruni,” tambahnya.
Kapolres menjelaskan, terkait pengamanan Sholat Ied pihaknya telah berkoordinasi dengan Brimob Den Por B Pekalongan untuk melakukan sterilisasi dibeberapa tempat pelaksanaan Sholat Ied.
Kapolres berharap seluruh anggota yang terlibat Pengamanan libur panjang Idul adha agar turut menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam merayakan hari raya Idul Adha, dan Polres Pekalongan Kota siap memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam menghadapi liburan panjang.
“Karena hari raya Idul Adha tahun ini merupakan libur panjang, sehingga arus lalu lintas diperkirakan akan mengalami peningkatan, terus lakukan pantau dan lakukan pengaturan lalulintas guna terciptanya situasi arus lalin berjalan aman, tertib dan lancar,” tandas Kapolres
“Berikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dan bersikap humanis, serta hindari sikap arogan dan seluruh anggota yang melaksanakan Pengamanan agar selalu menjaga kesehatan serta selalu menjaga kewaspadaan saat tengah bertugas,” ujar Kapolres.
[Humas Polres Pekalongan Kota)

Related Posts