Kapolres Pekalongan Kota Pimpin Upacara HUT RI Ke-72

Tribratanews.com – Kapolres Pekalongan Kota, Jawa Tengah, AKBP Enriko Sugiharto Silalahi pimpin upacara dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan RI Ke-72 tahun 2017 bertempat di Halaman Mapolres Pekalongan Kota, Kamis (17-08-2017).

Bertindak Sebagai Komandan Upacara Kasubbaghukum Polres Pekalongan Kita Iptu Suparmono, dengan susunan pasukan upacara Korp Musik, Pleton Pamen, Pleton Polwan, Pleton Pama, Pleton Dalmas, Pleton Gabungan Staf, Pleton Gabungan Polsek Jajaran, Pleton Polisi Lalu Lintas, Pleton Gabungan Sat Reskrim-Sat Intelkam-Sat Narkoba, Pleton PNS Polri dan Pleton Bhayangkari Cabang Kota Pekalongan.

Peringatan hari kemerdekaan ini mari kita jadikan sebagai ajang perenungan kebangsaan, bukan hanya semata tentang pengorbanan para pahlawan tetapi juga menjadi perenungan tentang keadaan bangsa indonesia. Kemerdekaan yang di peroleh bangsa Indonesia bukanlah pemberian dari penjajah, tetapi melalui perjalanan panjang dan melelahkan dari pejuang kemerdekaan dengan tetesan darah, keringat dan air mata, hanya berbekal bambu runcing dan semangat membara tak kenal padam.

Sejalan dengan tema peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-72 yaitu INDONESIA KERJA BERSAMA. Secara filosofis, tema ini merupakan representasi dari semangat gotong royong untuk membangun indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Sebagai bagian dari elemen negara, Polri merupakan salah satu aktor yang dapat mendorong dan menumbuhkembangkan semangat kebersamaan diantara masyarakat. Peran aktif Polri dapat ditunjukan melalui pelaksanaan tugas, peran dan fungsinya. Dalam amanatnya, Kapolri menghimbau kepada seluruh jajaran untuk terus bekerja dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan penuh tanggung jawab.

Pada akhir amanat, Kapolres menekankan kepada seluruh jajarannya untuk jaga Soliditas Internal, tingkatkan kemampuan dan Profesionalisme Polri guna merebut kepercayaan Publik. Tanamkan dan tingkatkan terus nilai-nilai kejuangan yang dimiliki para Pahlawan, untuk diaplikasikan pada medan pengabdian sebagai Personil Kepolisian dimanapun bertugas. Jadilah Sosok panutan dan teladan ditengah masyarakat, hindari tindakan yang menyakiti hati masyarakat, serta lakukan tindakan tegas terhadap berbagai bentuk kriminalitas sesuai dengan aturan yang berlaku. Tingkatkan kesiapsiagaan operasional untuk mengantisipasi perkembangan situasi yang dinamis sebagai wujud Quick Response Polri dalam melayani masyarakat.

Tingkatkan kerjasama dan sinergi dengan seluruh stakeholders, mulai dari Pemerintah Pusat dan daerah, lembaga Negeri dan Swasta, TNI, aparat penegak hukum lain, maupun dengan seluruh komponen masyarakat dimanapun berada. Kawal dan amankan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 di 171 Daerah, Jaga Netralitas Polri, serta bangun komunikasi yang efektif dengan seluruh elemen Pelaksanaan Pilkada. Dukung pelaksanaan agenda pemerintah dalam mewujudkan Pembangunan Nasional , melalui upaya dan tindakan Kepolisian yang sejalan dengan aturan hukum dan perundang-undangan.

Selesai rangkaian kegiatan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-2 Tahun 2017 dilanjutkan Tradisi Pedang Pora dalam rangka pelepasan Wisudawan Purna Bhakti Polres Pekalongan Kota.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Pekalongna Kota]

Related Posts