Kapolres Musiwaras: Segala Upaya Sudah Dilakukan Untuk Mencegah Kebakaran Hutan


Tribratanews.com – Tim kamtibmas yang terdiri dari unsur TNI, Polri dan pemerintah memantau titik api di lahan warga yang terbakar di Desa Tabatengah Kecamatan Selangit Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, Selasa (25-07-2017).

Tim melakukan pemantauan langsung ke lapangan untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran dan memastikan titik api tersebut.

Kasat Binmas Polres Musirawas, AKP Junaidi Lubet menjelaskan, awalnya pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada kebakaran lahan di wilayah setempat. Menurutnya, saat ini lahan yang terbakar masih dalam tahap penyelidikan oleh Polsek Terawas, untuk pemilik lahan sendiri belum bisa ditemui, namun beberapa warga yang ada di sekitar lokasi sudah kami peringatkan untuk tidak membakar lahan.

“Apabila ada unsur sengaja membakar, dalam perkembangan penyelidikannya nanti, tidak menutup kemungkinan pelaku dapat terjerat hukum,” ujar Kasat Binmas.

Kapolres Musirawas, AKBP Pambudi menegaskan, upaya preventif dan preemtif terus dilakukan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Musirawas dan Kabupaten Muratara, melihat perkembangan di lapangan, saat ini tetap mengutamakan pendekatan sosialisasi kepada masyarakat secara masif bersama tiga pilar kamtibmas dibantu komunitas masyarakat peduli api.

“Bila intensitas kebakaran hutan dan lahan meningkat dan diperlukan beberapa upaya refresif, tindakan tegas dan penegakan hukum akan menjadi pilihan bila diperlukan,” ujarnya.

[Tribratanews.com-Humas Polres Musiwaras-Polda Sumsel]

Related Posts