Kapolres Majalengka Hadiri Pegelaran Seni dan Budaya

 

Tribratanews.com – Seni budaya tradisional penting untuk dilestarikan sebagai representasi dari nilai kearifan lokal Majalengka yang terus dibanggakan dan dikembangkan sebagai ruh dalam tatatanan bermasyarakat.

Hal tersebut yang menjadikan alasan Pemerintah Kabupaten Majalengka, melaksanakan pegelaran seni dan budaya, yang juga sekaligus dalam rangka memperingati HUT RI ke-72, tahun 2017 tingkat Kabupaten, di Pujasera Majalengka, Selasa (08-08-2017) malam.

Acara tersebut dihadiri Bupati Majalengka, Sekda Majalengka, anggota DPR RI FPDIP, Kapolres Majalengka, Jawa Barat, AKBP Mada Roostanto SE, MH, Dandim 0617 Majalengka, dan putra bupati, H Joko serta ketua dewan kesenian dan kebudayaan.

Selain itu juga, tampak hadir Master seni / Co-director, Dominique Lamli, George Clark, Seniman Video dari London, siswa- siswi SMK Pariwisata Majalengka, komunitas Iket sunda, seniman dan budayawan serta para penikmat seni maupun para pelaku seni dan masyarakat sekitar Majalengka.
Bupati Majalengka, Dr. H Sutrisno,SE.M.Si, menyambut baik atas digelarnya acara pagelaran seni dan budaya, dalam rangka HUT RI ke-72 tersebut.
Dikatakan Bupati, penampilan berbagai seni dan budaya yang dimiliki Kabupaten Majalengka ini, juga sekaligus untuk menyongsong hadirnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang akan rampung dalam dekat ini.

“Kami menyakini budaya ini tak akan pudar maupun mati digerus jaman, dikarenakan ini merupakan hasil karya manusia yang yang juga sekaligus sebagai aset berharga. Sedangkan kesenian bagaimana kita menelungkupkan kembang menjadi asetil yang berharga, sehingga bisa kerja jual bagian-bagian dari pariwisata yang dikembangkan di Kabupaten Majalengka,” papar Bupati.

Sementara itu, anggota DPR RI FPDIP, Maruarar Sirait,SIP, mengapresiasi kepada para budayawan yang benar-benar memperhatikan budaya-budaya yang ada di Kabupaten Majalengka, bahkan hingga samapai mendapat dukungan penuh baik dari Kapolres Majalengka dan Dandim 0617 / Majalengka, maupun barbagai stakeholder lainnya.

“Seni dan budaya di Majalengka ini sangat luar biasa, kalau boleh usul, kami berharap Majalengka harus membuat rumah untuk parawisata yang datang dari luar Negri,” imbuh Maruarar Sirait.

Lebih jauh Bang Ara menambahkan, bahwa saat ini Pemerintah Presiden RI, Joko Widodo, meminta untuk bersama-sama guna menjaga Bhineka Tunggal Ika.“Mari kita bantu Presiden dan wakil presiden, TNI dan Polri yang telah menjaga Pancasila dan kita harus ciptakan generasi berikut hidup dengan rasa aman. Jangan ada rasa takut. Pancasila merupakan kunci menjaga rasa aman,” ujara Ara.

Menurut Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan, Asikin Hidayat, kegiatan ini digelar dengan menampilkan berbagai seni dan budaya yang ada di Kabupaten Majalengka dan juga menyajikab berbagai masakan tradisional serta seni melukis dan berbagai doorprize lainnya.

Lanjut Asikin, tujuan acara ini guna menjaga eksitensi seni dan budaya Majalengka, karena sesungguhnya seni dan budaya di Majalengka ini, memiliki keunikan yang luar biasa dan harus tetap dilestarikan dan dijaga.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Majalengka]

Related Posts