Kapolda Bali Gemakan Ikrar Pandawa Merah Putih di Malam Resepsi Kemerdekan RI

Tribratanews.com – Di akhir rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose, didampingi Ketua Bhayangakari Daerah Bali Ny Barbara Golose beserta Pejabat Utama Polda Bali, menghadiri Acara Malam Resepsi Kemerdekaan RI di halaman Kantor Gubernur Bali, Kamis (17-08-2017).

Acara yang dimulai pukul 18.00 Wita tersebut juga dihadiri Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Ketua DPRD Provinsi Bali, jajaran Forkompinda Provinsi Bali, Konsul negara-negara sahabat, Kepala OPD Pemprov Bali, dan Paskibra.

Acara diawali dengan pementasan Tari Sekar Jagat, dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Bali, pemotongan tumpeng, pemutaran video Ikrar Pandawa Merah Putih, dan ramah-tamah.

Dalam sambutannya, Made Mangku Pastika mengutip pidato Ir Soekarno pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 1950.

“Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan turunnya si Tiga Warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk, belumlah pekerjaan kita selesai. Berjuang terus dengan mengucurkan sebanyak-banyaknya keringat,” katanya.

Menurut Gubernur Bali, kutipan pidato Bapak Proklamator itu mengingatkan seluruh komponen masyarakat bahwa sejatinya perjuangan belumlah berakhir.

“Kita harus berjuang dengan bekerja lebih keras lagi dalam mengisi kemerdekaan, agar pengorbanan para pahlawan tidak sia-sia,” serunya.

Pastika menambahkan, kemerdekaan yang dinikmati saat ini bukanlah hadiah yang jatuh dari langit. Untuk merebutnya, para pahlawan dan pejuang kemerdekaan tak hanya mengorbankan harta benda, keringat, darah, dan tetesan air mata. Bahkan mereka juga mempertaruhkan nyawa untuk kemerdekaan yang dinikmati saat ini.

Mengingat besarnya pengorbanan para pahlawan dan pejuang, Pastika mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mengisi kemerdekaan dengan kerja keras dan menjaga keutuhan NKRI.

Secara khusus, jenderal purnawirawan bintang tiga ini berpesan kepada para generasi muda sebagai tunas bangsa agar belajar lebih tekun dan sungguh-sungguh. “Karena di pundak kalian terletak tanggung jawab, meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan,” jelasnya.

Pada bagian lain, Made Mangku Pastika juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran DPRD Provinsi Bali, Kepolisian Daerah Bali, TNI, Kejati, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan para akademisi. Karena kerja keras dan sinergi aparat keamanan, unsur penegak hukum, serta seluruh komponen masyarakat mampu menjaga Bali tetap kondusif hingga saat ini.

Lebih dari itu, sinergitas tersebut juga mengantarkan Bali sebagai daerah yang menjadi beranda terdepannya Indonesia. “Mari kita tunjukkan bahwa kita tetap layak menjadi beranda terdepan. Mohon pertahankan apa yang telah kita capai,” katanya.

Sementara Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, saat diminta mengisi acara, langsung mengajak anggota Paskibra untuk mengulang kembali Ikrar Pandawa Merah Putih. Hal ini dilakukannya karena para anggota Paskibra akan menjadi generasi penerus untuk menjaga Bangsa Indonesia.

Selanjutnya jenderal alumni Akpol 1988 ini, megajak para undangan lainnya untuk menyanyikan lagu perjuangan seperti “Bangun Pemuda Pemudi” dan “Maju Tak Gentar”.

[Tribratanews.com/Humas Polda Bali]

Related Posts