Kanit Binmas Polsek Karanganyar Ajak Pramuka Tertib Berlalu Lintas dan Jauhi Narkoba

Tribratanews.com – Kanit Binmas Polsek Karanganyar Resor Purbalingga, Jawa Tengah, Aiptu Slamet Wardoyo memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap puluhan Pramuka yang sedang mengikuti perkemahan di Lapangan Desa Ponjen, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga, Sabtu (12-08-2017).

Perkemahan tersebut bertajuk Dian Pinru (Gladian Pimpinan Regu) yang diikuti sekitar 500 pelajar. Mereka berasal dari siswa tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang ada di Kecamatan Karanganyar.

Dalam pembinaan tersebut, Aiptu Slamet Wardoyo memberikan materi tentang tertib berlalu lintas dan waspada penyalahgunaan narkoba. Dijelaskan tentang larangan penggunaan kendaraan bermotor bagi anak dibawah umur. Selain itu diberikan juga peraturan lalu lintas yang harus ditaati guna menciptakan keselamatan berlalu lintas.

Pada saat memberikan materi tentang narkoba, dijelaskan jenis-jenis dan tindakan penyalahgunaan narkoba serta dampak negatifnya penyalahgunaan narkoba bagi kesehatan. Terakhir dijelaskan sanksi hukum terhadap pelaku penyalahgunaan narkoba baik bagi bandar, pengedar maupun pemakainya.

“Marilah kita tertib berlalu lintas dan jauhi narkoba agar masa depan tidak terganggu dan mampu mencapai cita-cita yang diinginkan,” ajak Aiptu Slamet.

Sementara itu, Kapolsek Karanganyar AKP Nur Susalit, S.H. mengatakan dalam rangka perkemahan Pramuka pihaknya diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi. Oleh sebab itu, kita kirimkan Kanit Binmas untuk mengisi materi tentang tertib berlalu lintas dan waspada penyalahgunaan narkoba.

Dua materi tersebut sangat tepat untuk disampaikan. Tertib berlalu lintas harus ditanamkan sejak dini, hal ini untuk menciptakan generasi tertib dan patuh hukum. Selain itu untuk mencegah kecelakaan lalu lintas yang dimulai dari pelanggaran.

Sementara itu, terkait materi waspada narkoba disampaikan agar siswa mengetahui jenis narkoba yang harus dihindari serta dampak negatif yang ditimbulkan dari penyalahgunaannya. Hal ini agar mereka tidak terpengaruh narkoba dan mampu menghindarinya.

“Dengan materi yang disampaikan semoga dapat bermanfaat bagi para Pramuka yang mengikuti kegiatan. Diharapkan generasinya penerus bangsa bisa berkomitmen untuk tertib berlalu lintas dan menjauhi narkoba,” pungkas Kapolsek.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Pubalingga]

Related Posts