Kabar Gembira: Di Kalsel, Bhabinkamtibmas Akan Segera Punya Kantor

Tribratanews.com – Di wilayah hukum Polda Kalimantan Selatan, tak lama lagi akan segera berdiri rumah kantor (Rukan) untuk menunjang tugas Bhabinkamtibmas.

Rukan Bhabinkamtibmas itu akan dibangun di tiga lokasi, masing-masing di Desa Sumber Rejeki Kecamatan Juai Kabupaten Balangan, Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong, dan Desa Alur Kecamatan Jorong Kabupaten Tanah Laut.

Penandatanganan Prasasti dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rukan Bhabinkamtibmas itu, sebagai tanda dimulainya pembangunan, dilakukan langsung oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno SH, yang bertempat di Desa Sumber Rejeki Kecamatan Juai Kabupaten Balangan, Kamis (24-08-2017).

Rukan Bhabinkamtibmas itu, jelas Kabaharkam, bukan hanya sekadar sebagai Kantor Bhabinkamtibmas saja, tetapi sebagai wadah bagi masyarakat untuk memusyawarahkan setiap persoalan sosial yang ada di lingkungannya untuk kemudian dicarikan solusi. Dengan harapan akan dapat meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas masyarakat dalam mengisi pembangunan, khususnya di wilayah Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Tanah Laut.

“Apa yang saya sampaikan ini, merupakan bagian dari Grand Strategi Polri, yang lebih mengedepankan tindakan-tindakan pencegahan kejahatan, yang kita kenal dengan sebutan pemolisian masyarakat atau Polmas,” kata Komjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Di dalam mengembangkan program Polmas, lanjut Kabaharkam, pihak Kepolisian merangkul pengusaha serta stakeholder atau pemangku kebijakan sesuai dengan tingkatan daerahnya. Sebagai contoh, Kapolres akan menggandeng Bupati, Dandim, Ketua DPRD, media masa, tokoh masyarakat, dan tokoh agama dalam mensinergikan program pembangunan yang tentunya tidak sepenuhnya dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang dicita-citakan, karena adanya kendala di lapangan yang muncul sebagai masalah sosial, yang apabila tidak dicarikan solusinya maka akan muncul gangguan kamtibmas yang akan menghambat pembangunan.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kapolda Kalimantan Selatan beserta jajarannya, yang telah membumikan program Polmas sampai ke pelosok desa. Dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada Direktur PT Adora Dahai, Pemerintah Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Tanah Laut, atas bantuan dan dukungannya dalam pembangunan Rumah Kantor Bhabinkamtibmas,” ungkap Komjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Kabaharkam berharap, apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong, dan Kabupaten Tanah Laut, serta PT Adora Dahai akan menjadi stimulan bagi para Bupati/Walikota, Ketua DPRD, Dandim, serta pemangku kebijakan lainnya untuk mau dan peduli mengembangkan Polmas yang banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama dalam rangka membangun dan memelihara ketertiban masyarakat, demi terwujudnya dan suksesnya pembangunan nasional di daerah masing-masing.

[Tribratanews.com/AKP Bambang AS]

Related Posts