Kabaharkam Polri: Tugas di Binmas Adalah Tugas yang Sangat Mulia

Tribratanews.com – Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno SH, menegaskan bahwa tugas Polisi di bidang Pembinaan Masyarakat (Binmas) merupakan tugas yang mulia.

Hal itu disampaikan saat Tatap Muka Kabaharkam Polri dengan Para Direktur, Kapolres/ta, Kapolsek, Bhabinkamtibmas Jajaran Baharkam Polda Kalimantan Selatan, yang bertempat di Lantai 3 Ruang Venus Golden Tullip Hotel Banjarmasin, Jumat (25-08-2017).

Namun Komjen Pol Putut Eko Bayuseno menyayangkan, orientasi internal Kepolisian sendiri masih memandang tugas di Binmas tidak menarik.

“Hal tersebut disebabkan tidak adanya perhatian dari para Kasatwil, karena hasilnya tidak segera bisa diapresiasi oleh masyarakat, jarang petugas Binmas mendapatkan pengharagaan, dan tidak laku dijual di media. Padahal tugas di Binmas adalah tugas yang sangat mulia,” katanya.

Pada kesempatan ini, Kabaharkam juga mengingatkan kepada jajarannya bahwa perhatian dan kepedulian pimpinan Polri, dalam hal ini Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, terhadap fungsi Binmas sangat besar sekali.

Hal itu, menurut Komjen Pol Putut Eko Bayuseno, terbukti dengan ditingkatkannya tipe Direktorat Binmas Baharkam Polri menjadi Korps Binmas Baharkam Polri dan dipimpin oleh Inspektur Jenderal Polisi, serta menempatkan Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan fungsi pencegahan (preemtif dan preventif).

“Kita ketahui bersama, dinamika permasalahan ke depan semakin rumit dan kompleks. Polri dituntut untuk lebih profesional dalam menangani dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada, dengan mengedepankan langkah–langkah pencegahan, karena data dan fakta membuktikan bahwa pencegahan dapat menghemat APBN,” ungkap Komjen Pol Eko Bayuseno.

Menurut Kabaharkam, banyak instansi yang telah memanfaatkan peran Bhabinkamtibmas, di antaranya BNPT dalam deteksi dini dan pencegahan teror, KPK terkait pemanfaatan Dana Desa, K5D terkait Dana Desa, BNN dalam binluh tentang narkoba/P4GN, dan Pemda terkait Rumah Kantor Bhabinkamtibmas.

Untuk itu, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno berharap, para Kepala Satuan Kewilayahan (Kasatwil) dapat menjadi motivator untuk mengubah mindset dari yang sebelumnya mengedepankan fungsi penindakan (Gakkum) menjadi mengedepankan fungsi pencegahan.

Turut hadir dalam tatap muka tersebut Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs Rachmat Mulyana, Karobinopsnal Baharkam Polri, Dir Bintibmas Korbinmas Baharkam Polri, serta sejumlah Pejabat Utama Polda Kalsel.

[Tribratanews.com/AKP Bambang AS]

Related Posts