Kabaharkam Polri Pimpin Raker Program 7 Prioritas Promoter Kapolri

Tribratanews.com – Dalam rangka menjamin tertibnya laporan administrasi Program Prioritas Kapolri berjalan baik, Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri menggelar Rapat Kerja Program 7 Prioritas Promoter Kapolri tentang Penguatan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

Raker yang dilaksanakan di Ruang Merpati I Hotel Falatehan Blok M Jakarta Selatan, Selasa-Rabu, 15-16 Mei 2018, tersebut dipimpin langsung oleh Kabaharkam Polri Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, selaku Penanggung Jawab Program 7.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dir Samapta Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Drs Aneka Pristafuddin, Karobinopsnal Bareskrim Polri Brigjen Pol Drs Toni Harmanto MSi, Karofaskon Slog Polri Brigjen Pol Ds Alfons Toluhula MH, dan dengan peserta berjumlah 20 personel perwakilan dari berbagai satuan kerja (Satker) Mabes Polri.

Dalam arahannya kepada peserta Raker, Kabaharkam Polri menekankan pentingnya mengedepankan prinsip-prinsip operasional Polri.

Adapun prinsip-prinsip operasional yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Mengutamakan Pencegahan: Suatu sikap/pandangan yang dilandasi pemikiran bahwa pencegahan lebih baik daripada pemberantasan/penindakan;

2. Keterpaduan: Penyelenggaraan tugas operasional Polri didasarkan pada pertimbangan bahwa masalah pembinaan Kamtibmas akan melibatkan pihak yang terkait dengan berbagai kepentingan dan kewenangannya;

3. Efektif dan Efisien: Upaya pencapaian keberhasilan dalam pelaksanaan tugas operasional Polri harus mempertimbangkan adanya keseimbangan yang wajar antara hasil dengan upaya dan sarana yang digunakan;

4. Ofensif: Pelaksanaan tugas operasional Polri tidak menunggu munculnya sasaran yang akan dihadapi, akan tetapi secara aktif berusaha untuk menemukan permasalahan yang akan dijadikan sasaran.

“Inilah pentingnya dilaksanakan Rapat Kerja dengan melibatkan berbagai Satker, karena prinsip-prinsip operasional Polri ini akan mendukung Program Kapolri menuju Polri yang profesional, modern, dan terpercaya,” jelas Komjen Pol Moechgiyarto.

[AKP Bambang AS]

Related Posts