Kabaharkam Polri Ingin Minimalisir Imej “Bisa Mengadakan Tapi Tidak Bisa Merawat”

Tribratanews.com – Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, tinjau Galangan Kapal PT Anggrek Hitam di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (14-12-2017).

Turut mendampingi Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Drs M Chairul Noor Alamsyah SH, MH, dan sejumlah pejabat jajaran Baharkam Polri lainnya.

PT Anggrek Hitam adalah perusahaan galangan kapal standar internasional yang berdiri sejak 2008 di kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone) di Pulau Batam.

Perusahaan ini menyediakan jasa pembangunan kapal (besi baja dan aluminium), perbaikan kapal (meliputi perbaikan, pemeliharaan, dan konversi), serta fabrikasi.

Memiliki lahan seluas 10 hektar dengan 4 plot pembangunan, PT Anggrek Hitam merupakan 1 dari 6 galangan kapal di Indonesia yang bisa membangun kapal kapasitas di atas 10.000 DWT.

Perusahaan ini pernah mencatatkan prestasi sebagai galangan kapal mencapai 2.000.000 jam kerja tanpa insiden pada Agustus 2014, dan memenangkan kontrak dengan jumlah total lebih dari USD130 juta pada tahun yang sama.

Peninjauan tersebut dilakukan guna melihat fasilitas dan kemampuan galangan kapal, yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai penunjang tugas operasional Korpolairud Baharkam Polri.

Komjen Pol Moechgiyarto berharap, ke depan akan ada kerjasama yang lebih intensif antara Korpolairud Baharkam Polri dengan PT Anggrek Hitam dalam hal maintenance knowledge (pengetahuan perawatan) terhadap inventaris kapal yang dimiliki Korpolairud.

“Jadi, istilah ‘bisa mengadakan tapi tidak bisa merawat’ bisa diminimalisir,” kata Komjen Pol Moechgiyarto.

[Tribratanews.com/AKP Bambang AS]

Related Posts