Kabaharkam Polri Ingin Kesejahteraan Satpam Ditingkatkan

Tribratanews.com – Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Drs Moechgiyarto SH, M.Hum, menaruh perhatian khusus terhadap kesejahteraan Satuan Pengamanan (Satpam) di seluruh Indonesia.

Menurutnya, peran Satpam sangat besar dalam mendukung kinerja Polri untuk mewujudkan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas).

Komjen Pol Moechgiyarto menyampaikan, dalam waktu dekat Tim Pokja Baharkam Polri dan Divkum Polri akan merevisi piranti lunak Perkap Nomor 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan (SMP).

“Diharapkan saran dan masukan seluruh stake holder pengampuh pengamanan agar tercipta regulasi yang baik untuk terciptanya situasi kamtibmas yang mantap dan kondusif serta untuk kesejahteraan Satpam di seluruh Indonesia,” katanya.

Hal itu disampaikan Kabaharkam Polri saat menyambut kunjungan Asosiasi Profesi Sekuriti Indonesia (APSI) dan Asosiasi Teknologi Informasi Sekuriti Indonesia (ATISI) di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Kamis (12-04-2018).

Kedua asosiasi sekuriti tersebut merupakan mitra Polri dalam Harkamtibmas. Saat ini, keduanya berada di bawah penanggung jawab Irjen Pol (Purn) Dr dr Hadiman, yang pernah menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara dan Direktur Samapta Polri.

Dalam kesempatan tersebut, Kabaharkam Polri juga menekankan bahwa jumlah Satpam di Indonesia melebihi jumlah anggota Polri sehingga perlu diberdayakan potensi tersebut untuk menangkal dan mencegah terjadinya tindak pidana dan gangguan Kamtibmas.

“Satpam adalah kepajangan tangan dari Polri. Untuk itulah, perlu ditampilkan kebanggaan terhadap seluruh personel Satpam dengan sikap tampang, profesionalisme kinerja, didukung dengan sarana prasarana yang modern. Itu adalah bentuk partisipasi masyarakat untuk mewujudkan kamtibmas yang kondusif. Dengan kamtibmas yang kondusif, maka investor akan senang menanamkan modalnya di Indonesia sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat,” terang Komjen Pol Moechgiyarto.

[AKP Bambang AS]

Related Posts