Kabaharkam Pimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Penanggulangan Karhutla Zona Kalimantan

Tribratanews.com – Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno SH, pimpin Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla di Wilayah Kalimantan.

Apel yang digelar di Km 21 Satpas SIM Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (24-08-2017), ini turut dihadiri oleh Asops Kapolri Irjen Pol Mohamad Iriawan dan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs Rachmat Mulyana.

Adapun peserta apel adalah Satgas Karhutla yang terdiri dari Brimob, Satker Polda Kalsel, Polresta Banjarmasin, Polres Banjar, Polres Banjarbaru, Polres Tanah Laut, Polres Barito Kuala, TNI, Damkar, Basarnas, Unit Barisan Pemadam Kebakaran, dan Pemda.

Dalam arahannya selaku Ketua Tim Monitoring, Evaluasi, dan Asistensi VII Giat 3 Promoter Kapolri Dalam Rangka Penanggulangan Karhutla, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno menekankan pentingnya sinergitas dari semua masyarakat Kalimantan untuk mencegah dan mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Apel gelar pasukan ini berguna untuk saling tukar-menukar informasi dan pengalaman serta masalah di masing-masing Polda dalam penanganan terjadinya Karhutla agar mendapatkan solusi yang tepat,” kata Komjen Pol Putut Eko Bayuseno.

Selain itu, ia berharap agar masing-masing Polda yang ada di wilayah Kalimantan mempunyai terobosan kreatif yang bisa dijadikan SOP secara nasional sebagai upaya kontrol Pemerintah untuk pengendalian masalah Karhutla.

“Salah satunya dengan mengedepankan Tiga Pilar: Kepala Desa; Bhabinkamtibmas; dan Babinsa, dalam melakukan pencegahan lebih awal sehingga Karhutla tidak sempat meluas. Karena pencegahan Karhutla akan menekan cost atau biaya lebih murah daripada jika melakukan penganggulangan,” katanya.

Untuk mendukung hal itu, Kabaharkam juga mengajak jajarannya agar proaktif merangkul pengusaha untuk dilibatkan dalam pencegahan Karhutla lewat program CSR dengan bantuan penyediaan peralatan canggih maupun pelatihan-pelatihan.

Dalam apel tersebut, dilakukan juga pengecekan sejumlah peralatan untuk memadamkan api, mulai dari yang sederhana seperti obyokan hingga yang bermesin, yang disebut Motal.

Motal adalah kependekan dari Motor Alkon. Yakni sebuah sepeda motor yang telah dimodifikasi dengan menambahkan mesin pompa air merek Alkon dan dua buah jerigen untuk menampung air. Motor ini adalah hasil inovasi Polsek Banjarmasin Tengah, Polresta Banjarmasin, yang memanfaatkan motor patroli untuk penyemprotan titik api.

[Tribratanews.com/AKP Bambang AS]

Related Posts