Kabaharkam Berharap Sinergitas Korpolairud dengan Polair Malaysia dan Singapura Dapat Ditingkatkan

Tribratanews.com – Royal Polis Malaysia (RPM) dan Singapore Police Coast Guard (Polisi Perairan Singapura/SPCG) mengunjungi Indonesia untuk menjalin kerja sama dengan Polri, Senin (30-10-2017).

Sedianya, rombongan RPM yang dipimpin MPS’s Commander Senior Assistant Commisioner of Police Dato’ Haji Abdul Rahim bin Abdullah dan rombongan SPCG yang dipimpin Commander SPCG Senior Assistant Commisioner of Police Hsu Sin Yun, akan diterima Wakapolri Komjen Pol Syafruddin pada pukul 09.00 WIB.

Namun Wakapolri ada kegiatan di Istana Negara mewakili Kapolri, yang sedang berada di New York dalam rangka menghadiri acara United Nations memaparkan tentang narkotika dan terorisme di depan sidang PBB. Untuk itu jadwal pertemuan diundur hingga pukul 11.00 WIB.

Sambil menunggu, rombongan dari dua negara tetangga itu dijamu oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno SH, didampingi Kakorpolairud Irjen Pol Drs Chairul Noor Alamsyah SH, MH, Dirpoludara Brigjen Pol Drs Indra Mirza MSi, dan Kasubdit Patroli Perairan Kombes Pol Makhruzi Rahman SIK, MSi, bertempat di Ruang Kerja Kabaharkam Mabes Polri, Jakarta.

Dalam kesempatan ini, Kabaharkam mengucapkan selamat datang kepada rombongan RPM dan SPCG, serta meminta maaf karena harus menunggu akibat mundurnya jadwal pertemuan dengan Wakapolri.

Selanjutnya, Komjen Pol Putut Eko Bayuseno menyampaikan, pihaknya telah memerintahkan jajaran Korpolairud Baharkam Polri untuk lebih intens meningkatkan patroli perairan dan udara, termasuk meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan kerjsama dengan Polisi Perairan dari Negara Malaysia dan Singapura.

“Ada beberapa atensi pimpinan terkait dengan kinerja Polisi Perairan. Bapak Kapolri mengharapkan agar Polairud semakin eager terhadap penyelundupan narkotika. Kerjasama yang sinergis antara Polri dan Polisi dari Malaysia dan Singapura, khususnya dalam hal peredaran narkoba melalui jalur laut, agar lebih ditingkatkan,” kata Komjen Pol Putut Ekobayuseno.

Untuk itu, lewat kesempatan ini, Kabaharkam berharap sinergitas antara jajaran Korpolairud Baharkam Polri dengan Royal Polis Malaysia dan Singapore Police Coast Guard dapat lebih ditingkatkan.

“Pada prinsipnya tugas Polisi Perairan di seluruh dunia adalah sama, yaitu gakkum di perairan, people smuggling, dan sharing intelijen,” ungkap Komjen Pol Putut Eko Bayuseno.

[Tribratanews.com/AKP Bambang AS]

Related Posts