Kabag Ops Polres Pati Hadiri Rakor Pembentukan PPK dan PPS Pilgub Jateng

Tribratanews.com – Kabag Ops Polres Pati, Jawa Tengah, Kompol Sundoyo SH, MH mewakili Kapolres menghadiri rapat kordinasi pengarahan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pati kepada Camat se-Kabupaten Pati.

Rapat kordinasi yang digelar di Pragola Setda Pati terkait pembentukan fasilitas PPK dan PPS persiapan Pilkada serentak Tahun 2018 dan Pilpres 2019, Selasa (10-10-2017) pagi.

Rapat Kordinasi pembentukan PPK dan PPS dihadiri juga Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Saiful Arifin, Setda Kabupaten Pati Ir Suharyono, Ketua KPUD Kabupaten Pati Much Nasich S.Si, Ketua Panwas Kabupaten Pati Achwan S.Pd, Ketua Pengadilan Negeri Pati Tri Asnuri SH, Pasi Intel Kodim 0718 Pati Kapten Inf Muhlisin mewakili Dandim, OPD dan Camat se-Kabupaten Pati.

Dalam sambutannya, Bupati Pati menyampaikan, nantinya banyak fasilitas terkait penyelenggaraan Pilgup/Pileg sehingga dalam pelaksanaanya tidak mendadak dan terprogram.

“PPK/PPS di dalam perekrutannya harus secara terbuka, hal ini untuk menghindari penyalahgunaan wewenang menjadi tim sukses salah satu calon. Dalam 2 tahun ini kita fokus kepada pesta demokrasi mulai dari Pilbup, Pileg dan Pilpres. Harapan saya persiapkan sedini mungkin pesta demokrasi ini dengan baik dan sukses dalam penyelenggaraanya. Kita ikuti dan fasilitasi proses pesta demokrasi ini dengan maksimal agar supaya bisa mendapatkan pemimpin yang baik dari proses pemilihan yang baik,” ujar Bupati.

Bpati menambahkan, terkait pelayanan perijinan harus cepat, tepat, murah dan saya berharap kordinasikan dengan instasi-instansi terkait atau Kementrian yang berhubungan dengan regulasi/perijinan. Hindari penyimpangan-penyimpangan didalam pengurusan perijinanan.

Sementara itu, Kompol Sundoyo menyampaikan, dari hasil evaluasi Kabupaten Pati banyak lika-liku dalam pelaksanaan Pilkada sehingga banyak pantauan oleh tingkat pusat.

“Di tingkat Kabupaten Pati, Polres Pati yang bertanggung jawab disektor keamanan, kami butuh kordinasi dan kerja sama untuk saling mendukung hingga terciptanya iklim demokrasi yang aman dan kondusif. Mulai saat ini kami sudah memetakan wilayah-wilayah mana saja yang rawan konflik terkait penyelenggaraan Pilkada kususnya di Kabupaten Pati, mewaspadai tokoh-tokoh masyarakat yang berpengaruh dalam menggerakan masa untuk langkah antisipasi sedini mungkin,” jelas Kabag Ops.

Ketua KPU Kabupaten Patimenyampaikan, pada hari ini kita sudah masuk tahapan Pilkada serentak tahap ke tiga, dalam waktu dekat ini akan masuk pada tahapan pembentukan badan penyelenggara ditingkat PPK/PPS ( 12 Okt 2017 ).

“Kepada Camat kami mohon untuk menginformasikan kepada masyarakat di wilayahnya terkait dengan pembentukan PPK/PPS, dan agar bisa memfasilitasi juga tempat Sekretariat,” imbuhnya

Ketua KPU Kabupaten Pati juga menyampaikan mulai tanggal 3 Okt 2017 sampai tanggal 16 Okt 2017 sudah masuk dalam masa pendaftaran Partai peserta pemilu.

“Di tahun 2018 betul-betul sebagai tahun Politik karna akan bersamaan dengan Pilkades, harus betul-betul diwaspadai kususnya aparat keamanan dari Polres Pati dan Kodim Pati untuk berkordinasi dalam rangka menjaga stabilitas dan kondusifitas keamanan di Wilayah Kabupaten Pati,” pungkasnya

[Tribratanews.com/Humas Polres Pati]

Related Posts