K-9 Squad, Unit Khusus Sat Sabhara Polres Bandung

Tribratanews.com – Unit K-9 (Canine/ homophone dari anjing) merupakan sebutan untuk anjing yang digunakan kepolisian yang dilatih khusus untuk membantu polisi dalam penegakan hukum.

Kepala Satuan Sabhara Polres Bandung AKP Kusbudi Effendi memimpin langsung pelaksanaan kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan personelnya dalam pengemban fungsi Sabhara khususnya Unit K-9.

Pelatihan peningkatan kemampuan tersebut bertempat di lapangan Mapolres Bandung, Senin (11/12/2017) sekitar pukul 13.00 WIB.

Dalam kegiatan pelatihannya tersebut AKP Kusbudi menunjukan beberapa keterampilan khusus yang dimiliki oleh Unit K-9 Polres Bandung.

“Dan salah satunya yaitu untuk menangani bagian pengendali massa (Dalmas), yakni anjing di bagian ini memiliki tempramental yang cukup tinggi namun memiliki obedience/ kepatuhan yang tinggi karena anjing ini akan dikerahkan ikut langsung di belakang pasukan huru hara” jelas AKP Kusbudi.

“Pelatihan ini pun tak lain untuk menunjang pelaksanaan tugas tugas kepolisian di lapangan” ungkap AKP Kusbudi.

Tak hanya itu pihaknya pun melaksanakan pelatihan anjing pelacak yang dilatih untuk pencarian tersangka, penangkapan, pengejaran, pencarian barang bukti dan pencarian mayat serta deteksi bahan peledak (Handak), bom dan narkotika.

[Tribratanews.com/Roby – Humas Polres Bandung]

Related Posts