Jelang Libur Panjang Idul Adha, Inilah Antisipasi dan Kesiapan Polri Bersama Instansi Terkait

Tribratanews.com – Kapolres Pemalang, Jawa Tengah, AKBP Agus Setyawan HP SH, S.IK, melaksanakan VICON rapat terpusat yang dipimpin oleh Kapolri, Jederal Polisi Drs H M Tito Karnavian MA, Ph.D, Rabu (23-08-2017).

VICON yang dihadiri oleh Dandim pemalang yang diwakili oleh pasi intel Letda Firdaus, kadishubkominfo diwakili oleh Kasi Lalin, Bambang, Ka Dinkes diwakili oleh Hendra Eka P, serta para pejabat utama polres Pemalang tersebut dalam Rangka antisipasi libur panjang Idul Adha.

Kapolri berpesan dalam menghadapi libur panjang Idul Adha tanggal 31 Agustus atau 1 September jatuh hari Kamis dan Jumat, sehingga libur bisa sampai hari Senin tanggal 3 September harus diantisipasi sebagai Wake Up Call bagi jajaran. “Antisipasi arus mudik dan balik di pulau Jawa dan juga jalur laut Polda kepulauan,” tambahnya.

Kapolri juga menyinggung tentang permintaan masyarakat akan sembako, daging agar diantisipasi jangan sampai meningkat hingga menyebabkan inflasi.

“Awasi dan jaga stabilitas. Pengalaman idul Fitri kemarin kita dapat apresiasi dari bapak Presiden dan warga masyarakat,” jelasnya.

Kemudian tentang terorisme, Kapolri juga mengingatkan jajarannya agar dapat segera mengantisipasi. “Densus sudah menangkap 18 orang terutama di Bandung. Menggunakan bahan radio aktif. Di Bali ada anggota Brimob bawa senjata panjang dipukul, senjata dirampas sampai sekarang tidak ketemu. Rawan karena bisa digunakan untuk teror,” lanjutnya.

Sedangkan Kabaintelkam Polri, Komjen Lutfi Lubihanto menyoroti tentang pengamanan arus mudik dan balik dan hal-hal lainnya. “Stok pangan masih cukup. Bulog akan laksanakan langkah antisipasi harga. Distribusi, spekulan dan penimbunan agar diantisipasi. Ops pasar harus dilakukan,” tambahnya.

Beberapa hal lainnya yang perlu diantisipasi, menurut Komjen Lutfi adalah Aksi sweeping, kejahatan konvensional, terorisme, macet, laka, bentrok massa.

Ka Satgas Pangan Polri memaparkan telah terjadi kenaikan harga, terutama cabe. Dan untuk menjaga stabilitas pangan, menurutnya Bulog menargetkan 10.000 ton.

Kementerian Perhubungan RI mengapresiasi Polri dan akan mulai memberlakukan pembatasan kendaraan truk yang lewat hari Kamis. “Beberapa pekerjaan jasa marga mulai dihentikan untuk menghindari kemacetan. Kami juga memerintahkan Dishub seluruh Jawa untuk melaksanakan random check kepada kendaraan SPT di Subang, Dieng dan lain-lain agar tidak ada kendaraan yg bermuatan lebih. Kami minta bantu polri untuk proaktif di titik rawan,” pungkasnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan bahwa pihaknya telah menyiapkan posko Sapta taruna untuk mengantisipasi banjir di daerah rawan banjir.

“Mulai H-2 hari Rabu pekerjaan jalan akan dihentikan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat,” tegasnya. Pihak Kementerian Kesehatan menyatakan telah menyiapkan 2.922 lokasi yang siap membantu.

“Kesiapan arus mudik pemudik sakit akan disiapkan pos, rikes pengemudi juga disiapkan, akupresur disiapkan juga,” jelasnya. Sementara pihak lain seperti Kementerian Kominfo, TNI dan Jasa Raharja menyatakan telah siap membantu kelancaran dan antisipasi libur panjang Idul Adha tahun ini.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Pemalang]

Related Posts