Jajaran Polres Mojokerto Kota Ikuti Vicon Asops Kapolri

Tribratatasnews.com – Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Puji Hendro Wibowo SH, SIK, bersama seluruh pejabat utama Polres dan Kapolsek jajaran, mengikuti kegiatan video conference dengan Asops Kapolri bertempat di ruang eksekutif wira satya, Senin (30/10/2017).

Kegiatan video conference dilaksanakan guna menindak lanjuti instruksi Presiden Republik Indonesia terkait rencana aksi nasional penghapusan penggunaan merkuri dalam pengolahan emas pada kegiatan usaha pertambangan tersebut, Asops Kapolri juga didampingi pejabat Satgaspus serta pejabat lain dari stakeholder yang terdiri dari Kemenko Kemaritiman, Kementerian LHK serta Kementerian ASDM.

Adapun yang disampaikan Biro Bin Ops Sops Polri dalam kesempatan tersebut adalah latar belakang penghapusan merkuri serta dasar yang digunakan satgaspus dalam program penghapusan penggunaan merkuri.

Kegiatan penghapusan penggunaan merkuri dilaksanakan dengan tujuan untuk menghentikan kegiatan penambang batu sinabar, meniadakan usaha penambangan emas menggunakan merkuri, menghentikan distribusi batu sinabar dan merkuri, menghentikan produksi pengolahan batu sinabar menjadi merkuri, perdagangan merkuri illegal dipasaran (toko bahan kimia) serta penegakan hukum terhadap merkuri illegal.

Direktur penegakan hukum pidana kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, Muhammad Yunus menjelaskan tentang ketentuan pidana dalam undang-undang Republik Indonesia terkait lingkungan hidup dan kehutanan.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan tentang dampak emisi dan lepasan merkuri terhadap kesehatan serta hasil survey dan pengukuran kualitas lingkungan di lokasi pengolahan merkuri di Sukabumi tahun 2016.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyampaikan tentang penegakan hukum penghapusan penggunaan merkuri pada pertambangan emas skala kecil dan kegiatan Tim Penghapusan Merkuri pada PESK. Pelaksanaan kegiatan video conference berjalan lancar.(win/mbah)

 

 

[Tribratatasnews.com/ Humas Polres Mojokerto Kota – Polda Jatim]

Related Posts