Irjen Pol Machfud Arifin: Jatim Akan Jadi Percontohan Pemilukada Aman

Tribratanews.com – Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin melaksanakan jumpa pers terkait arahan sekaligus petunjuk Kapolri pada pembukaan Apel Kasatwil 2017 di Semarang tentang pengamanan Pilkada 2018 mendatang.

Pada konferensi pers yang dilaksanakan di Press Room Gedung Cendekia Akpol, Selasa (10-10-2017) tersebut, Kapolda Jatim didampingi Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Rikwanto serta Asops Kapolri, Irjen Irwan Iriawan.

Di depan puluhan jurnalis TV Nasional, media cetak dan online, Kapolda Jatim menjelaskan jika Jawa Timur merupakan percontohan untuk pelaksanaan Pemilukada yang aman. Dijelaskan pula, jajaran Polda Jatim telah melakukan langkah-langkah strategis guna terlaksananya Pemilukakada serentak di Jatim.

“Kami juga telah mejalin komunikasi yang inten dengan semua tokoh masyarakat berbagai lapisan untuk bersama-sama menjaga Pilkada Jatim agar berjalan aman. Termasuk para tokoh kyai, mengingat pondok pesantren di Jatim banyak sekali,” ungkap Kapolda Jatim.

Menjawab pertanyaan sejumlah jurnalis TV seputar peta kerawanan pemilukada Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin melanjutnya, bahwa yang agak rawan di Jatim adalah proses pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades). Untuk itu, Polda Jatim telah melakukan langkah-langkah antisipasi agar Pilkades berjalan lancar.

Selebihnya, Arifin menambahkan kalau masyarakat Jatim sangat dinamis. Namun begitu, semua lapisan masyarakat di Jatim didorong oleh jajaranya untuk menciptakan situasi yang kondusif di Jatim.

“Jatim sangat dinamis, mayoritas pondok pesantren, ditambah boneknya itu yang kadang sulit diatur,” katanya.

Didunia maya pun, Polda Jatim telah melakukan langkah-langkah antisipasi menyusul makin dinamisnya dunia cyber sebagai ujung tombak kegiatan-kegiatan Pemilukada.

“Pada prinsipnya Polda Jatim siap mengamamkan Pemilukada serentak di Jawa Timur,” lanjutnya sembari mengacungkan jempol. (tatik/mbah)

 

 

[Tribratanews.com/ Humas Polda Jatim]

Related Posts