Ini Tips Budidaya Ikan Lele dari Bhabinkamtibmas Desa Wangunreja Sukabumi

Tribratanews.com- Bhabinkamtibmas Desa Wangunreja Polsek Nyalindung Polres Sukabumi Jawa Barat, Brigadir Sutrisno SPD membudidayakan ternak ikan lele milik pribadi di desa binaan dengan memperkerjakan warga sekitar.

Adapun budidaya ternak ikan lele di atas kolam tanah sebanyak 5 kolam dengan ukuran per kolam 100 m2 dengan dialasi terpal ukuran 3×4 m2 setiap kolamnya.

Berikut tips dari Bhabinkamtibmas Polsek Nyalindung Polres Sukabumi Brigadir Sutrisno.

Tahapan budidaya ternak ikan lele.

Cara budidaya ternak ikan lele dimulai dari meneteskan sampai daging kurang lebih 3 s/d 3,5 bulan waktunya.

Pertama pilih induk lele betina yang bagus yang siap bertelor dengan cara di pijat bgian perut kalau sudah sampai keluar butiran butiran telur berarti induk lele siap untuk dikawinkan dengan pejantan.

Apabila bagus maka satu induk betina banding dua Pejantan yang kemudian selanjutnya kita mempersiapkan kolam terpal yang udah di isi air selanjutnya di dalam terpal di kasih jaring yang gunanya untuk mempersatukan antara betina dan jantan.

Di dalam jaring tersebut dikasih injuk biar telur telur tersebut menempel diinjuk proses perkawinan biasanya dilakukan malam hari dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi.

Selanjutnya induk lele betina dan jantan di angkat dari jaring dan untuk mengetahui hasil perkawinan jadi tidaknya 3 hari setelah perkawinan baru kelihatan bahwa telur tersebut sudah menetes / menjadi larfa.

Selanjutnya kurang lebih 30 hari kita sortir untuk mengetahui ukuran ukuran ikan lele. Untuk pakan ikan lele lebih cepat menggunakan limbah ayam petelur dalam proses perkembangbiakan ikan lele dibandingkan dengan pakan lelet yang aga lama masa perkembangbiakan /pertumbuhan ikan lele tersebut.

Masyarakat sekitar merasa terbantu dengan adanya pembudidayaan ternak ikan lele milik Bhabinkamtibmas Bripka Sutrisno tersebut sehingga warga setempat bisa bekerja di lokasi kolam ternak ikan lele miliknya tersebut.

[Tribratanews.com/ Humas Polsek Nyalindung]

Related Posts