Ini Bocoran Bentuk Dasar Densus Antikorupsi Polri

Tribratanews.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia berencana membentuk Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor).

Menurut Juru Bicara Polri, Kombes Pol Slamet Pribadi, rencana tersebut merupakan jawaban pimpinan Polri dalam rangka melihat perkembangan situasi strategis penanganan korupsi di Indonesia.

“Artinya, karena ini melihat tantangan strategisnya adalah kejahatan yang luar biasa, maka cara menangani juga harus luar biasa, tidak boleh biasa-biasa saja. Ini yang dijawab oleh pimpinan Polri dalam rangka melihat perkembangan situasi strategisnya,” kata Kombes Pol Slamet Pribadi dalam keterangan persnya di salah satu stasiun televisi swasta, Kamis (19-10-2017).

Kombes Pol Slamet Pribadi meyatakan, konsep dasar pembentukan Densus Tipikor ini adalah independensi, yang secara sistem akan dibuat mirip dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Densus dipimpin oleh satu orang yang berbintang dua. Direktoratnya itu ada pencegahan, ada penyelidikan, ada analisis di situ, ada penyidikan, semua menjadi satu di situ,” jelasnya.

Saat ini, ungkap Kombes Pol Slamet Pribadi, pihaknya sedang mematangkan naskah akademik rencana pembentukan densus antikorupsi tersebut, sembari tetap menampung masukan dari berbagai pihak, baik itu yang pro maupun kontra.

[Tribratanews.com]

Related Posts