HUT Polwan ke-69; Dirgahayu Polwan Indonesia!

Tribratanews.com – Tepat pada tanggal 1 September 2017 ini, Polisi Wanita (Polwan) Indonesia menginjakkan usia semakin matang 69 tahun.

Polwan di Indonesia lahir berawal dari kota Bukittinggi, Sumatera Barat, tatkala Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II, dimana terjadinya pengungsian besar-besaran pria, wanita, dan anak-anak meninggalkan rumah mereka untuk menjauhi titik-titik peperangan. Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus diperiksa oleh polisi, namun para pengungsi wanita tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh polisi pria.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukittinggi membuka “Pendidikan Inspektur Polisi” bagi kaum wanita. Setelah melalui seleksi, terpilihlah enam gadis remaja yang kesemuanya berdarah Minangkabau dan juga berasal dari Ranah Minang, yaitu Mariana Saanin Mufti, Nelly Pauna Situmorang, Rosmalina Pramono, Dahniar Sukotjo, Djasmainar Husein, dan Rosnalia Taher.

Keenam gadis remaja tersebut secara resmi pada tanggal 1 September 1948 mulai mengikuti Pendidikan Inspektur Polisi di SPN Bukittinggi. Sejak saat itu dinyatakan lahirlah Polisi Wanita yang akrab dipanggil Polwan. Keenam Polwan angkatan pertama tersebut juga tercatat sebagai wanita ABRI pertama di tanah air yang kini kesemuanya sudah pensiun dengan rata-rata berpangkat Kolonel Polisi setara Komisari Besar Polisi (Sumber: Wikipedia).

Memperingati hari jadi Polwan kali ini, yang bertepatan dengan Idul Adha 1438 H, kami redaksi tribratanews.com, menyajikan edisi khusus “Suara Polwan”.

Suara Polwan berisi pendapat dan pandangan beberapa Polwan dari berbagai daerah tentang posisi, keadaan, peluang, dan tantangan Polwan saat ini, sesuai pengalaman mereka masing-masing selama bertugas sebagai anggota Polri.

Semuanya adalah Polwan muda atau remaja, dengan pangkat paling rendah alias Brigadir Polisi Dua (Bripda). Hal ini dilakukan sebagai barometer untuk mengukur kualitas Polwan saat ini.

Besar harapan kami edisi khusus ini dapat memberi manfaat kepada pembaca, khususnya kepada Polwan lain di antero Indonesia.

Terakhir, kami ucapkan selamat ulang tahun untuk seluruh Polwan di Indonesia dan semoga semakin jaya. Dirgahayu Polwan Indonesia!

[Tribratanews.com]

Related Posts