Hari Jadi Kabupaten Majene ke-472, Kapolres Bersama Forkompinda Ziarah ke Makam Raja Pamboang

Tribratanews.com – Kapolres Majene AKBP Asri Effendy SIK, bersama Bupati Majene DR H Fahmi Massiara MH, dan jajarannya melaksanakan ziarah ke makam raja-raja Mara’diah di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, Senin (14-08-2017).

Ziarah dalam rangka peringatan Hari Jadi Majene ke-472 merupakan wujud penghargaan kepada para petinggi yang begitu banyak berjasa dalam mempertahankan budaya dan kemajuan daerah khususnya di Kabupaten Majene.

Makam raja-raja Mara’diah Pamboang umumnya terbuat dari berbagai bahan seperti batu lava, batu tanah, dan kayu. Makam dihiasi dengan simbol geometris, kaligrafi arab bahkan simbol swastika.

Keberadaan simbol yang bervariasi tersebut juga meninggalkan misteri tersendiri tentang bagaimana simbol Islam dan Hindu dapat ditemukan di situs pemakaman yang sama. Batu nisannya juga memiliki banyak simbol yang menyerupai simbol-simbol di candi yang ada di Pulau Jawa.

Selain itu, dalam ziarah tersebut dihadiri pula oleh Dandim 1401 Majene Letkol Inf. Rahman, lt Sekda Kab. Majene Ir Burhanuddin MP, para Anggota DPRD Kab. Majene, para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Majene, Kapolsek Pamboang, Camat Pamboang, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam pelaksanaan ziarah, kegiatan diawali dengan pembacaan sejarah makam raja-raja pamboang, dilanjutkan sambutan Bupati Majene dan pembacaan doa serta ziarah ke makam raja Pamboang.

[Tribrtanews.com/Humas Polda Sulbar]

Related Posts