Dihadapan Ratusan Mahasiswa Se Indonesia, Kapolres Metro Jakarta Timur Paparkan Tentang Politics and Transnational Terrorism

 

Tribratanews.com – Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Timur, Komisaris Besar Polisi Dr. (C) Andry Wibowo mewakili institusi Polri menghadiri acara Jambore & Deklarasi Nasional Garda Mahasiswa NKRI, yang digelar di Hotel Grand Mutiara, Cipayung, Bogor – Jawa Barat, Selasa (22-07-2017).

Dalam kesempatan itu, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Andry Wibowo memberikan kuliah umum tentang “Politics and Transnational Terrorism”.

Dihadapan ratusan mahasiswa dari 125 utusan perguruan tinggi dari 22 provinsi di Indonesia yang hadir, Kapolres memaparkan tentang, Apa itu terorisme transnasional, serta akar permasalahannya, pemicu dan akselerator, dan juga tentang sejarah terorisme.

Diakhir paparannya, Kapolres menyimpulkan, bahwa transnational terorisme adalah bagian yang tidak terlepaskan dari sejarah konflik peradaban yang tidak saja didasarkan pada domain agama tetapi merupakan permasalahan yang kompleks dari nilai – pendukung atau massa, organisasi, penguasaan dan kontrol atas wilayah dan populasi, kekuasaan ekonomi, politik dan budaya.

Untuk itu kata Kapolres, agar para pemuda dan mahasiswa sebagai penerus babgsa harus mampu membaca dan memahami sejarah agar tidak terjebak dan terombang-ambing bahkan dijadikan proxy kekuatan eksternal dan internal yang merugikan kedaulatan dan eksistensi NKRI.

“Ideologi Pancasila adalah sintesis terbaik dari konflik ideologi besar dunia yang sejarahnya selalu saling tarik menarik untuk menjadi kekuatan hegemoni dunia,” pungkasnya.

[tribratanews.com/humas polres metro jakarta timur]

 

Like
LikeLoveHahaWowSadAngry

Related Posts