Di Purbalingga, Polisi Segera Antisipasi Tawuran Antardesa Gara-gara Saling Ejek di Medsos

Tribratanews.com – Guna mencegah terjadinya tawuran antarpemuda Desa Makam Kecamatan Rembang dengan Desa Rajawana Kecamatan Karangmoncol, Polsek Rembang dan Polsek Karangmoncol, Polres Purbalingga, Polda Jawa Tengah, bersinergi melaksanakan patroli di perbatasan, Selasa (08-08-2017) malam.

Hal ini dilakukan setelah ada informasi ke Polsek Rembang melalui telepon bahwa pemuda dua desa beda kecamatan tersebut akan melakukan tawuran. Sejumlah pemuda Desa Makam juga sudah berkumpul di sekitar perbatasan kecamatan.

Kapolsek Rembang, AKP Ngatijan mengatakan, setelah mendapati informasi tersebut, anggota Polsek Rembang langsung mendatangi lokasi. Selain itu dilakukan koordinasi dengan Polsek Karangmoncol untuk melakukan langkah antisipasi. Hal tersebut agar tidak terjadi tawuran antardua desa yang bersebelahan itu.

Sesampainya di Desa Makam, petugas patroli langsung menemui sejumlah pemuda yang sedang berkumpul. Kemudian dilakukan komunikasi kamtibmas dan memberikan arahan untuk tidak melakukan tindakan negatif seperti tawuran. Selain itu apabila ada permasalahan agar diselesaikan melalui musyawarah.

“Diperoleh informasi, awal mula kejadian adalah saling ejek di media sosial antara pemuda Desa Makam dengan Desa Rajawana. Hal tersebut berlanjut hingga saling tantang dan mengajak tawuran,” jelas kapolsek.

Mengetahui akar permasalahan, kemudian petugas patroli menyarankan agar warga tidak terpancing emosi sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu mengimbau kepada seluruh pemuda yang saat itu sedang berkumpul untuk pulang ke rumah masing-masing.

Hal yang sama dilakukan oleh patroli Polsek Karangmoncol di Desa Rajawana. Petugas patroli membubarkan pemuda yang berkumpul untuk mencegah terjadinya tawuran. Kemudian petugas patroli kedua Polsek melaksanakan penjagaan dengan patroli bersinggungan di perbatasan kecamatan tersebut.

Kedua Polsek juga akan melakukan koordinasi lebih lanjut untuk menyelesaikan adanya perselisihan pemuda dua desa. Dengan upaya yang sudah dilakukan diharapkan perselisihan pemuda tidak berkembang menjadi tawuran. Sehingga situasi kamtibmas tetap kondusif di wilayah kedua desa.

[Tribratanews.com/Humas Polres Purbalingga]

Related Posts