Butuh Biaya Untuk Pendidikan Adik, Pria Asal Sumsel Ikut Jadi Komplotan Pencuri Tas di Surabaya

Tribratanews.com – Satu dari empat komplotan pelaku spesialis pencuri tas, yang kerap beraksi di coffee dan rumah makan mewah, berhasil dibekuk Tim Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya, Kamis sore (10-08-2017).

Petugas berhasil melakukan penangkapan saat aksi komplotan pencuri tas ini beraksi di coffee shop di kawasan Jalan Gubeng Surabaya dan terekaman CCTV. Terlihat dua orang pelaku sedang mengamati situasi sekitar coffee shop, sebelum melancarkan aksinya.

Setelah memastikan bahwa situasi memungkinkan untuk beraksi, salah satu pelaku langsung mencopot kaos kaki dan kembali ke sasaran untuk mengambil tas milik korban yang sudah diincar sebelumnya.

Dengan pengawasan rekannya, salah satu pelaku dengan mudah mengambil tas menggunakan kaki, dan langsung menuju pintu keluar.

Tak lama setelah rekaman CCTV tersebut beredar luas di berbagai media sosial, polisi akhirnya berhasil menangkap PSW (20) warga Desa Gumawang, Kecamatan Belitang, Kabupaten Oku Timur, Provinsi Sumatera Selatan.

Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Leonard Sinambela mengatakan, pria pengangguran itu ditangkap di sebuah rumah kost harian di kawasan Cililitan Jakarta Timur.

“Dari hasil pemeriksaan, pelaku ini merupakan residivis yang pernah masuk penjara atas kasus serupa. Pelaku juga memang sengaja menyasar cafe dan rumah makan mewah,” tutur AKBP Leonard Sinambela.

Polisi juga akan terus mengembangkan kasus ini dan memburu tiga rekan tersangka lainnya, yang berinisial FA, JH dan KC.

Sementara itu, PS mengaku dirinya bukan eksekutor, melainkan hanya berperan mengawasi situasi di tempat yang sudah ditentukan sebagai lokasi sasaran beraksi. Sementara uang hasil kejahatan diakui tersangka digunakan untuk membiayai sekolah adiknya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka PS akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, yang ancaman hukumannya 6 tahun kurungan penjara.

[Tribratanews.com / Humas Polrestabes Surabaya – Polda Jatim]

Related Posts