Bripka Sanda Prasetyo, Polisi Pejuang Penyandang Disabilitas

Tribratanews.com – Bripka Sanda Prasetyo adalah anggota Kepolisian Sektor Sumberpucung Resor Malang yang sangat dikenal di kalangan masyarakat, khusunya di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Kegiatan Bripka Sanda ini cukup mendapat perhatian, dimana, ia berjuang untuk penyandang disabilitas yang ada di desa binaannya.

Dalam keseharianya sebagai anggota Bhabinkamtibmas, Bripka Sanda bersama dengan organisasi Difabel Ganesha Indonesia (GDI) sudah mampu mengangkat dan mensetarakan kaum difabel, baik di wilayah Kecamatan Sumberpucung hingga beberapa kecamatan di Kabupaten Malang.

Keterlibatannya dengan kaum difabel di Kecamatan Sumberpucung dimulai sejak tahun 2014 saat mengikuti pertemuan di rumah seorang penyandang disabilitas bernama Eka Wulandari yang dijadikan markas kaum difabel dengan nama Difabel Motorcycle Indonesia.

Dari pengalamannya itulah, ia tergerak untuk mendampingi penyandang disabilitas di desa binaannya mendapatkan haknya sebagai manusia yang sederajat dengan yang lain.

Dalam perjuangannya mendapatkan hak yang sama bagi penyandang disabilitas itu tidak lah mudah bagi Bripka Sanda, salah satunya dalam dunia pendidikan yang menimpa Octavian Ramadhani (8).

Octavian ini adalah seorang penyandang disabilitas yang kehilangan kedua kakinya karena dua tahun lalu rumahnya ditabrak oleh sebuah bus yang melintas. Akibatnya, kedua kakinya hingga panggal pahanya terputus.

Saat akan bersekolah, Octavian ini ditolak beberapa kali di sekolah umum. Namun, berkat semua elemen masyarakat turut mendukung, akhirnya Octavian bisa bersekolah di sekolah umum.

Setelah Octavian bersekolah, Bripka Sanda pun setiap hari mengantarnya ke sekolah dengan menggunakan sepeda motor miliknya.

 

[Tribratanews.com]

Like
LikeLoveHahaWowSadAngry

Related Posts