Bripka Nanang, Paur Humas Polres Wonosobo yang Memegang Sertifikat Kompetensi Wartawan

Tribratanews.com – Bukan sebuah hal yang mudah mempunyai dua kemampuan sekaligus. Namun tidak begitu bagi seorang Bripka Nanang Dwi Putro Wibowo SH, Paur Humas Polres Wonosobo.

Selain mempunyai kemampuan mumpuni di bidang Kepolisian, Bripka Nanang juga mengantongi setifikat Uji Kompetensi Jurnalis yang membuatnya sejajar dengan wartawan professional media massa pada umumnya.

Berkecimpung di dunia kehumasan sejak tahun 2009, bahkan sebelum Subbag Humas tingkat Polres terbentuk, yang membuat kemampuannya semakin terasah.

Hingga puncaknya pada tahun 2016, Bripka Nanang mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia.

Dengan nilai rata-rata mencapai 7,5 dari nilai standar minimal 7,0, Bripka Nanang dinyatakan lulus dengan kualifikasi baik. Bukan sebuah hal mudah mengingat jurnalistik bukan merupakan kemapuan pokok polisi lulusan tahun 2003 ini. Bahkan disaat peserta lain, yang notabene merupakan wartawan asli, tidak lulus.

Ditemui di kantornya, Subbag Humas Polres Wonosobo, pada Jumat (28-07-2017) pagi, dengan gayanya yang santai, Bripka Nanang mengungkapkan pengalamannya.

“Cukup tertekan pada saat uji kompetensi itu. Dilaksanakan selama 2 hari penuh dan cukup terkarantina. Namun hasilnya cukup membanggakan, setidaknya bagi saya sendiri,” katanya.

“Setelah mengantongi sertifikat uji kompetensi tersebut, saya langsung ditugaskan sebagai Paur Humas Polres Wonosobo. Ini juga merupakan keuntungan tersendiri bagi saya karena bisa menduduki jabatan perwira dalam pangkat saya yang masih bintara,” ujar pria yang juga menduduki jabatan Pimpinan Redaksi (Pimred) Tabloid Wonosobo ini.

Selanjutnya, Bripka Nanang juga menjelaskan, pengangkatannya ini juga merupakan bentuk keseriusan Polri dalam keterbukaan memberikan informasi kepada publik.

“Dengan memahami hak, kewajiban serta kode etik jurnalistik, saya bisa memberikan informasi tentang kepolisian kepada publik secara lebih terbuka. Tidak ada lagi hal yang ditutupi. Semua transparan dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai undang-undang,” ungkapnya.

 

[Tribratanews.com/Rahmad ZaZg – Humas Polres Wonosobo]

Like
LikeLoveHahaWowSadAngry

Related Posts