Bhabinkamtibmas Polsek Cibadak Sukabumi Berikan Motivasi kepada Anggota Pramuka Sekolah Dasar

Tribratanews.com – Bhabinkamtibmas Polsek Cibadak Resor Sukabumi, Jawa Barat, Brigadir Sandi Praja memberikan motivasi kepada murid SDN Desa Karang tengah, Sabtu (29-07-2017).

Dalam kegiatan meningkatkan daya minat pada kegiatan Pramuka, Brigadir Sandi Praja memberikan motivasi pada siswa-siswi SDN 1 Karang Tengah di Taman kota Karang Tengah. Ia mengungkapkan, kurangnya minat kepramukaan pada siswa-siswi di kebanyakan wilayah bisa dipahami.

“Mereka beranggapan kegiatan Pramuka, seperti morse, semaphore, tali temali, upacara dan baris-berbaris kurang menarik dan cenderung membosankan,” ujarnya.

Brigadir Sandi menambahkan menurut mereka sekarang sudah jaman canggih yang semuanya bisa digantikan peralatan yang tidak susah dipelajari ataupun membosankan. Seperti halnya handphone atau smartphone yang dapat digunakan berkomunikasi, sms, chating dan email secara cepat sehingga bisa menggantikan semaphore dan morse.

“Mereka sepertinya bosan mengikuti kegiatan atau latihan pramuka yang materinya hanya itu-itu saja sehingga merasa malas dan pernah mendapatkan materi tersebut,” tuturnya.

Untuk itu, sambung Brigadir Sandi, dia terus memberikan motivasi untuk membangkitkan kembali semangat anggota pramuka dalam setiap latihan dengan memberikan materi yang menarik tentang kepramukaan dan diselingi hiburan agar tidak jenuh.

“Kami menunjukan manfaat semaphore, morse dan tali temali yang masih relevan di zaman sekarang. Begitu pula, keutamaan dengan baris berbaris dan upacara. Sebenarnya masih banyak lagi materi kepramukaan yang perlu diketahui dan sangat bermanfaat dalam kehidupan nantinya,”terangnya.

Brigadir Sandi pun menyarankan, agar dalam latihan pramuka diisi dengan permainan dan nyanyian sehingga peserta latihan akan merasa senang dan tidak terasa membosankan. “Kami yakin dengan cara seperti ini, semua akan senang dan terhibur. Ilmu untuk bertahan hidup yang ada di Pramuka akan semangat,” ungkapnya.

[Tribratanews.com/Humas Polres Sukabumi]

Related Posts