Beredar Info Bikin SIM A dan C Tanpa Tes, Kasie SIM PMJ : itu Hoax!

Ilustrasi.

Tribratanews.com – Beberapa hari ini masyarakat dihebohkan dengan informasi berantai melalui pesan singkat SMS, Line dan Whats Apps, tentang pendaftaran atau pembuatan Surat Ijin Mengemudi (SIM) kolektif tanpa ujian baik praktek maupun teori (non tes).

Pesan berantai tersebut terdiri dari dua kelompok. Yang satu mengatasnamakan perorangan atas nama Susy dan yang lainnya mengatasnamakan sebuah koperasi yaitu koperasi TMII.

Tampaknya pesan yang beredar luas tersebut membuat pejabat di Kepolisian Direktorat lalu lintas Polda Metro Jaya bereaksi keras dan membantah bahwa informasi tersebut adalah hoax.

“Saya katakan bahwa itu berita bohong, hoax itu, saat ini kami tidak pernah bekerjasama dengan pihak manapun untuk menyelenggarakan SIM kolektif. Apalagi itu tanpa test, dari mana jalannya bikin SIM tanpa tes,” ujar Kepala Seksi (Kasie) SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Anggia Natua Siregar kepada Tribratanews.com di Jakarta, senin (30/10/2017).

Kedua pesan tersebut masing-masing terdiri dari salam, ajakan untuk membuat SIM tanpa tes dan berapa biaya yang dikeluarkan oleh pemohon.

Berikut dua pesan Hoax yang beredar melalui pesan singkat.

1. Assalamualaikum
Untuk Pendaftaran SIM kolektif akan Dibuka kembali tgl 1 Nov s/d 15 Nov 2017
Insya Allah pelaksanaan foto langsung (tanpa tes) di PT Inhutani pondok ungu- dekat Kranji Bekasi
Tgl 26 Nov 2017..
SIM A : Rp 675 rb.
SIM C : Rp 575 rb
Syarat : Fotocopy KTP 6 lembar bisa kirim via
WA Susy ini : 089608492544.

 

2. Info Penting.

Di informasikan kepada Para semua Warga, di beritahukan yang mau bikin *Sim C maupun Sim A* yang akan di laksanakan pada :

hari : Sabtu
tgl : 04/11/2017
Pkl : 08.00 wib
tempat : parkir taman burung baru *TMII*

yang berminat hubungi Koperasi TMII
rincian Sim C dengan biaya 700 rb , Sim A 750 rb, dan untuk KTP tidak sebatas DKI ( luar DKI bisa )
yang berminat segera daftarkan dengan membawa foto kopy KTP 4 lembar(klau KTP masih resi lampirkan foto kopy KK)
Koperasi TMII mendatangkan Sim Pelayanan mobil Keliling
Demikian mks.

“Ini modus penipuan,” tegas Fahri.

Kompol Fahri sekali lagi menghimbau kepada masyarakat, untuk berhati-hati terhadap modus penipuan yang diiming-imingi diberikan kemudahan untuk memiliki SIM.

“Jangan terlalu mudah percaya dengan berita hoax ini. Untuk mendapatkan SIM tetap melalui prosedur yang berlaku,” himbaunya.

Related Posts