Bawa Senpi Laras Panjang, Pemburu Liar Diamankan Polres Mataram

Tribratanews.com – MJ (53) warga Lingkungan Raberas, Desa Seketeng, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa harus berurusan dengan pihak Polres Mataram lantaran membawa senjata api rakitan laras panjang lengkap dengan amunisinya.

Dijelaskan Panit II Subdit I Ditreskrimum Polda NTB Ipda Malaungi SH, awalnya dia diamankan oleh tim Polisi Hutan SKW II Sumbawa sedang melakukan perburuan di kawasan konservasi Taman Buru, Pulau Moyo, Kabupaten Sumbawa.

“Yang bersangkutan ditemukan di kawasan konseravsi tersebut sudah membawa senjata api rakitan laras panjang. Disitu kami bisa menemukan bahwa dua jenis senjata api rakitan laras panjang dengan amunisi sisa satu,” terang Panit di Polda NTB, Senin (13/11/2017).

Dalam pemeriksaan petugas, yang bersangkutan mengaku sudah lama memiliki senjata api ini, karena memang hobinya berburu, namun senjata api rakitan laras panjang beserta peluru aktif dengan kaliber 5.56mm tersebut tidak dilengkapi surat atau dokumen yang sah.

“Amunisi ini dibawa saat itu ada empat peluru, namun tersisa satu peluru, tiga butir peluru lainnya sudah digunakan,” tambahnya.

Saat ini pihak Kepolisian masih melakukan pendalaman terkait perolehan bahan senjata api rakitan termasuk amunisinya.

“Terahdap yang bersangkutan pasal 1 ayat 1 UU Darurat nomor 12 tahun 1951, ancaman hukumannya 20 tahun penjara,” tandasnya. (yos)

 

 

[Tribratanews.com/ Humas Polres Mataram – Polda NTB]

Related Posts