Antisipasi Penipuan Berkedok Investasi, OJK Lakukan Sosialisasi di Temanggung

Tribratanews.com – Polres Temanggung, Jawa Tengah, menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi dalam memberikan proteksi kepada masyarakat Temanggung melalui sosialisasi tentang penipuan berkedok investasi dan penghimpunan dana dari masyarakat secara ilegal.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Temanggung tersebut bertempat di Aula Setda dan dihadiri Wakapolres Temanggung Kompol Dax Emmanuelle, FKPD Kabupaten Temanggung, Industri jasa keuangan Temanggung, Organisasi Perangkat Daerah eks Karisidenan Kedu, Tokoh masyarakat serta perwakilan dari Kementrian agama Kabupaten Temanggung dan peserta sebanyak 100 orang.

Kasat Reskrim Polres Temanggung AKP Dwi Haryadi menjelaskan kegiatan ini bertujuan guna mengantisipasi terjadinya kasus penipuan berkedok investasi yang marak terjadi seperti kasus First Travel dan mengajak masyarakat agar lebih arif dan bijaksana dalam berinvestasi sehingga tidak menjadi pelaku maupun korban penipuan.

“Untuk berinvestasi ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, hal ini dikarenakan anda harus paham apa yang anda investasikan, keuntungannya, legalitas perusahaannya, dan berapa banyak uang yang berani anda korbankan,” terang Dwi saat menjadi Narasumber, Kamis (24-08-2017).

Lebih lanjut Dwi menjelaskan bahwa ciri-ciri penipuan investasi yang sering digunakan dan harus diwaspadai adalah menjanjikan bagi hasil yang menggiurkan, gampang dimengerti, menggunakan tokoh terkenal, tidak memiliki penjelasan tertulis dan mewajibkan anggotanya mengajak orang lain.

“Para tersangka kasus penipuan berkedok investasi ini bisa dijerat dengan pasal 378 dan pasal 372 JO Pasal 64 ayat 1 KUHP dan pasal 3 UURI No.8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan atau Pemberantasan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang),” tutupnya.

 

[Tribratanews.com/Humas Polres Temanggung]

Related Posts