Antisipasi Erupsi Gunung Agung, Dit Polair Polda Bali Siapkan Evakuasi Jalur Laut

Tribratanews.com – Dit Polair Polda Bali melaksanakan kegiatan simulasi evakuasi pengungsi Gunung Agung lewat jalur laut, guna antisipasi apabila terjadi hambatan pada saat evakuasi melalui jalur darat.

Adapun lokasi simulasi dilaksanakan di Labuan Amuk, Desa Manggis, Kecamatan Manggis, Senin (09-10-2017).

Kegiatan simulasi evakuasi korban erupsi Gunung Agung didampingi Kasubsatgas SAR Polair Kompol I Nyoman Suarnajaya beserta 10 anggota yang ikut dalam giat simulasi.

“Dalam simulasi ini kami mengerahkan 1 kapal XI-1005 Danpal dan 1 Rubber boat. Kami meminta nelayan setempat untuk menjadi relawan dalam simulasi evakuasi korban erupsi Gunung Agung,” jelas Kompol I Nyoman Suarnajaya.

“Selain melakukan giat simulasi, kami juga giat melakukan patroli, baik patroli dialogis dengan nelayan sekitar dan patroli di laut rutin kami lakukan setiap harinya” tambah Kasi Harkan Dit Polair Polda Bali ini.

Menurut salah satu anggota Dit Polair yang juga menjadi nahkoda kapal XI-1005 Danpal, Bripka I Dewa Gede Putra Sumarjaya, kendala terberat yang harus dihadapi adalah cuaca yang tidak menentu dan angin kencang yang membuat sulit dilakukannya evakuasi di saat erupsi Gunung Agung. Sehingga diperlukannya menyiapkan safety equipment seperti pelampung yang cukup untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa. (Yusdinata)

[Tribratanews.com/Humas Polda Bali]

Related Posts