5 Tahanan Pakai Barbel Untuk Kabur Dari Lapas Abepura

Tribratanews.com – Kepolisian Resor Jayapura Kota, Papua, melakukan pengejaran terhadap 5 tahanan yang kabur dari Lapas Kelas II A Abepura, Selasa (24/10/2017).

Saksi bernama Kuraesi Tanati (26) dari petugas lapas mengatakan, pada saat petugas Polsuspas sedang mengawasi tahanan yang sedang melaksanakan makan siang, dirinya melihat dari CCTV pos piket jaga bahwa kurang lebih 10 orang tahanan berusaha melarikan diri dari arah belakang dengan cara menjebol pagar besi dengan menggunakan barbel.

Saksi yang mengetahui kejadian itu, memberitahukan kepada rekan-rekan Polsusupas lainnya, agar melakukan pengejaran.

5 tahanan berhasil diamankan, namun tahanan yang lainnya berhasil meloloskan diri, dengan cara memanjat pagar tembok dan melompat dari atas bak air yang letaknya nempel diluar pagar tembok.

Kabid humas Polda Papua, Kombes Pol Drs AM Kamal SH, menjelaskan para tahanan yang kabur memanfaatkan situasi jam makan siang dan cuaca yang sedang hujan deras di sekitar tempat kejadian.

Dilanjutkan Kabid humas, tahanan kabur merusak pagar kawat bagian dalam yang letaknya disudut belakang ruang tahanan maximum security, dengan cara memukul pagar kawat menggunakan besi barbel sampai kawat pagar terlepas.

“Setelah pagar kawat bagian bawahnya terlepas, kemudian tahanan keluar dan berlari menuju mobil pickup rusak yang diparkir di samping pagar tembok Lapas, dan menaiki atap mobil untuk memanjat keatas pagar tembok lapas, untuk melompat ke atas bak air yang berada di luar halaman Lapas,” tutup Kombes Kamal.(KF)

 

 

[Tribratanews.com/ Humas Polda Papua]

Related Posts